Pages

Thursday, September 6, 2012

Kisah Buah Tiga Potong Roti



Diriwayatkan  bahwa Nabi Isa as. berkunjung ke suatu desa di mana ada seorang tukang penatu yang diadukan kepada Nabi Isa, karena ia menahan air, meludahi dan mengotorinya. Oleh penduduk desa diminta agar Nabi Isa berdo’a kepada Allah agar si tukang penatu itu tidak dikembalikan lagi ke desa itu jika ia pergi. Maka berdo’alah Nabi Isa: Ya Allah! Utuslah ular kepada orang itu agar
ia tidak kembali hidup. Demikianlah maka ketika si tukang penatu berada di tempat air sedang mencuci pakaian dengan berbekal tiga potong roti. Datanglah padanya  seorang yang turun dari gunung sehabis melakukan ibadah dan berkata: adakah sesuatu makana yang engkau dapat berikan padaku atau memperlihatkannya agar aku lihat  atau cium baunya, karena aku sudah sekian lama tidak makan apa-apa, maka diberikannyalah oleh si tukang penatu sepotong roti dan diterimanya sambil sambil berkata: Hai tukang penatu! Semoga Allah mengampuni dosamu dan menyucikan hatimu, lalau diberinya lagi oleh si tukang penatu sepotong roti yang kedua dan berdo’a lagi orang itu: Semoga Allah mengampuni dosamu yang lalu dan yang akan dating dan ketika diberinya  potong roti yang ketiga berdo’a si hamba itu: Semoga Allah membangun untukmu suatu gedung di Syurga.
Setelah selesai menyuci pakaiannya kembalilah si tukang penatu ke desa dan kembali pula penduduk desa mengadu kepada Nabi Isa yang kemudian memerintahkan untuk dipanggil menghadap. Bertanya Nabi Isa pada si tukang penatu yang dating menghadap: ceritanlah padaku kebajikan apa yang engkau perbuat hari ini? Maka diceritakanlah kisahnya air, roti dan do’a-do’a yang dipanjatksan oleh ahli ibada itu untuk dia.
Cibalah tunjukllan raselmu padaku? Ujar Nabi Isa pada tukang penatu yang segera membukanya dan ternyata di dalamnya terdapat seekor ular hitam, mulutnya terkendali dengan sebuah kendali besi. Melihat itu berkatalah Nabi Isa: hai ular hitam! Tidakkah engkau diutus kepada orang lain? Betul hai Nabi Allah, jawab si ular, tetapi datanglah seorang dari gunung meminta-minta dan diberinya oleh orang ini tiga potong roti yang dibalsnya dengan panjatan tiga do’a, pada saat mana ada malaikat berdiri yang menyambut do’a itu dengan kata “amin”, kemudian Allah mengutus malaikat yang mengendalikan aku dengan kendali besi ini. Mendengar itu semua, berkatalah Nabi Isa as. Kepada si tukang penatu: Teruskanlah pekerjaanmu, Allah telah memberi ampun padamu (Tanbihul ghafiln)

  

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Komentar dan sarannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...