Pages

Saturday, April 6, 2013

Kisah Penebang Kayu dan Raja Tikus



Raja tikus hidup di dalam sebuah pohon beringin di hutan. Suatu hari, seorang pria miskin hendak menebang pohon tersebut. Saat ia mulai menebang pohon itu, raja tikus menjadi ketakutan "Tolong, jangan tebang pohon ini" katanya kepada penebang kayu, "dan aku akan memberimu sebongkah emas setiap hari. "
Penebang kayu itu setuju. Jadi, setiap malam raja tikus membawakan sebongkah emas dari bawah akar pohon dan memberikannya kepada si penebang pohon. Penebang kayu mengambil bongkahan-bongkahan emas tersebut  dan menunjukkan mereka kepada istrinya.
Setelah beberapa hari, istrinya bertanya, "Dari mana kamu dapat emas itu?" "Nggak usah khwatir, itu halal kok," katanya, "simpan aja," Beberapa hari kemudian istrinya bertanya lagi, tapi dia tidak mau menceritakannya. "Jika kamu tidak mau memberi tahukan pada saya," katanyagancammen , "saya akan laporkan pada polisi bahwa kamu seorang perampok."
Penebang kayu itu pun ketakutan pada istrinya, Jadi dia berkata, "Setiap malam raja tikus memberi saya sebongkah emas dari bawah akar pohon." "Oh, kamu bodoh!" Kata istrinya. "Kau sudah ditipu oleh tikus itu. Dia memberi kamu sebongkah emas setiap malam tapi masih banyak sisa emas berada di bawah pohon sana! Mengapa kamu tidak menebang pohon itu dan mengambil semuaems yang ada di sana? "
Penebang kayu itu pun melakukan seperti yang diperintahkan istrinya. Dia menebang  pohon itu. Tetapi ketika ia mencari emas  di bawah akar pohon , ternyata tidak ada emas. Raja tikus telah berhasil melarikan diri/menyelamtkan diri.
Malam itu juga, raja tikus mendatangi rumah penebang kayu itu dan mengambil kembali semua emas yang telah dia berikan. Jadi penebang kayu kembali miskin seoperti dahulu lagi.

3 comments:

Terima kasih Komentar dan sarannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...